Ahmad Sunara : Bang Ikhwan Lubis Wariskan Nilai Nilai Kebaikan di Belawan

Editor: KSJ Medan author photo
BELAWAN |Ksjmedan.com

Kepedulian dan berbagi adalah bahagian dari tugas sosial kemasyarakatan saya sebagai warga masyarakat maupun sebagai abdi negara, "tutur Camat Medan Belawan itu memulai wawancara dengan Tim Tabloid KSJ, hal tersebut sudah menjiwa bagi Ahmad Sunara yang dikenal dekat dengan berbagai ragam serta kelompok masyarakat. Ia bukan hanya sekedar dekat dengan warganya, tetapi secara emosional pimpinan kecamatan yang sudah berusia 57 tahun ini merasakan sakit bila mengetahui warganya yang sedang menderita sakit. oleh karena itu semampunya dengan kewenangan serta tupoksi sebagai Camat ia akan upayakan membantu, "demikian pernyataan beliau dilansir dari tabloid KSJ terbitan juni 2020.

Dikatakannya, ada beberapa keuntungan orang berjiwa sosial, diantanya mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan secara batin, mempererat hubungan antar manusia, memberikan contoh yang baik pada orang lain, menghindari sifat apatis dan mampu bermanfaat bagi orang lain.

"Di Kecamatan Medan ada lebih kurang 15.000 kepala keluaga miskin. Bila kita tidak peduli dengan kondisi ini bisa berdampak pada kehidupan dan beban sosial," kata Ahmad Sunara saat ditemui di samping kanan halaman kantor camat Jalan Cimanuk Belawan di akhir pekan kemarin.


Kantor tambahan di ruang terbuka di sebelah Kantor Camat Medan Belawan tersebut, kata Ahmad sering dimanfaatkan, karena lebih nyaman bisa menerima langsung keluhan warga terkait masalah-masalah sosial, kemasyarakatan maupun administrasi kependudukan.


"Saya lebih suka duduk di ruang terbuka ini, bila ada warga yang ingin menyampaikan keluhan bisa langsung didengar dan juga tokoh masyarakat maupun ulama serta unsur pimpinan kecamatan juga sering bersilaturahmi di tempat ini," ujar Ahmad.


Pimpinan kecamatan di wilayah paling utara Kota Medan ini, mengatakan sebagai pimpinan harus bisa memberikan informasi yang positif. Apalagi di Medan Belawan banyak terdapat instansi baik pemerintah maupun swasta. "Bila ada terjadi sesuatu, informasi harus cepat disampaikan, agar tidak berkembang dan simpang siur, sehingga terhadap suatu peristiwa dapat diterima keabsahannya dan dicarikan jalan keluarnya.

Terkait Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini, Ahmad mengakui kehidupan sosial kemasyarakatatan di Kecamatan Medan Belawan membawa dampak yang besar. Dari data kemiskinan semula 15.000 KK bertambah naik, akibat terjadinya pemutusan hubungan kerja, minimnya pendapatan pekerjaan non sektoral dan adanya anjuran pemerintah untuk berada di rumah.

Dampak negatif terhadap Pandemi Covid-19 ini, tidak bisa dibahas oleh pihak kecamatan saja, kata Ahmad. Mengingat di Kecamatan Medan Belawan terdapat pimpinan setingkat kecamatan yang terdiri dari camat, polsek dan koramil ditambah unsur pimpinan Kota Medan yang terdapat di Belawan, yakni Polres Pelabuhan Belawan,  Kajari Belawan dan, Batalion Marinir, plus Polisi Militer (PM AD) dan Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal), maka Ahmad selaku pimpinan tertinggi di kecamatan berkoordinasi dengan unsur pimpinan kecamatan (Upika) plus tersebut untuk mengantisipasi dampak Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.


Selain itu, sejumlah elemen masyarakat juga dilibatkan, seperti, ormas, OKP, tokoh adat dan tokoh agama. Tanpa nemandang suku, agama, ras dan antargolongan diajak berpartisipasi dalam mengatasi berbagai persoalan, termasuk kemungkinan dampak Pandemi Covid-19 yang terjadi.

Berkat koordinasi tersebut, dampak buruk yang tak diinginkan terjadi, seperti penjarahan dan dampak sosial lainnya dapat teratasi. Sejumlah lembaga-lembaga sosial non pemerintah seperti KSJ Binaan AKBP H.Ikhwan Lubis, sejumlah ormas di Belawan luar Belawan serta BUMN banyak berparsisipasi menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat Kecamatan Medan Belawan. 

Selain itu bantuan pemerintah dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Covid-19 dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dalam bentuk uang maupun sembako masih terus berlanjut. Dengan adanya talangan bantuan ini, kehidupan sosial kemasyarakat dapat berjalan normal, tutupnya.

Ahmad juga menyatakan salut dengan program KSJ yang begitu cepat melonjak dan dekat dengan masyarakat. "Itu tadi yang penting selalu bersilatuhmi, memberi contoh yang baik bagi orang lain dan kita pun juga bermanfaat bagi orang lain, abang saya AKBP H.Ikhwan Lubis saat menjabat Kapolres Belawan telah mewariskan nilai-nilai kebaikan yaitu kepedulian dan pentingnya berbagi dengan sesama yang membutuhkan, hormat saya untuk Dewan Pembina KSJ" tutup Ahmad Sunara. (chairul/Tim KSJ)


Share:
Komentar

Berita Terkini