Sebuah Refleksi : KSJ DAN HARAPAN

Editor: KSJ Medan author photo


MEDAN | ksjmedan.com

KSJ| 30/03/2020
Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) adalah Yayasan Sosial berbadan hukum tercatat di Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia nomor AHU -0021363.AH.01.12.Tahun 2019 Tanggal 30 Oktober 2019 berkedudukan atau berpusat di Kota Medan sesuai akte pendirian di notaris Mauliddin Shati, SH nomor 131 tanggal 28 Oktober 2019.

KSJ binaan AKBP H.Ikhwan Lubis SH.MH, ini bermula dari sebuah Group Washtapp dibuat tanggal 15 Agustus 2019, 

KSJ merupakan gerakan amal sosial  yang di inisiasi para pegiat sosial di Medan Utara bersama sejumlah tokoh lainnya 

AKBP.H.Ikhwan Lubis, SH.MH yang saat itu menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Belawan menjadi salah satu Inspirator, karena kepedulian dan dedikasinya yang tinggi terhadap kondisi sosial masyarakat di wilayah tugasnya, terutama kepada anak yatim piatu, kaum duafa serta warga yang membutuhkan.

Jumat tanggal 03 April 2020, KSJ Memasuki edisi ke 34 , dalam kiprah yang terbilang baru,  tentu masih banyak kekurangan yang harus  dibenahi, misalnya penguatan internal dan infrastruktur kelembagaan, Selain itu pola rekrutmen relawan, pengumpulan dan pengelolaan donasi, sistem dan managemen administrasi harus terus di sempurnakan.

Harapan jauh kedepan KSJ menjadi Lembaga Kesejahteraan Sosial yang lebih profesional dan go international layaknya Lions club, PMI, MERC atau NGO lainnya yang telah membuktikan kerja kerja sosial untuk kepentingan kemanusiaan.

Satu tahun pertama KSJ  memfokuskan untuk mensosialisasikan diri sebagai wadah berkumpul dan ber-amal sosial, menggalang kepedulian untuk berbagi secara ikhlas sambil membangun jaringan organ di tiap Kecamatan, Kabupaten dan Kota Se-Sumatera Utara, Insha Allah tahun berikutnya merambah kesejumlah Provinsi di Indonesia.

Yayasan KSJ sementara berfungsi sebagai induk organisasi,  Dalam mencapai tujuan kegiatan Amal Sosial tersebut, KSJ melakukan pengukuhan dan memberi Mandat kepada sejumlah  Pengurus maupun Relawan di Kecamatan dan Kabupaten Kota Se-Sumut

Tahun pertama KSJ menargetkan pengkuhan 21 Kecamatan Se-Kota Medan, dan 17  Tingkat Kabupaten/Kota Se Sumut.

Untuk Penguatan kelembagaan dan jaringan relawan, KSJ melahirkan organ pendamping yaitu KARTINI KSJ, Relawan PELAJAR KSJ, Relawan MEDIA, Relawan BURUH/TANI/NELAYAN, Relawan MEDIS dan KESEHATAN, Relawan GURU serta Relawan CILIK.

Tahun kedua KSJ  akan merumuskan pola gerak dan kebutuhan organisasi,  disesuaikan dengan regulasi yang ada.

Kesemuanya akan di rumuskan dalam agenda RAPAT KERJA atau KONGRES PERTAMA KSJ.

Rapat kerja atau Kongres KSJ Pertama kali akan merumuskan

A. AD/ART KSJ non Yayasan
B. Program Potensial
C. Rekomendasi kpd Pemerintah (Gerakan Nasional Sedekah Jumat)
D. Kepengurusan meliputi

D.1. DPP utk Pusat
D.2. DPW utk Provinsi
D.3. DPC untuk Kab/Kota
D.4. Kecamatan
D.5. Desa/Kelurahan

Itu adalah Harapan jauh kedepan.. InshaAllah kita Bisa

Mari Luruskan niat dan rapatkan shaf.

dikirim oleh
Saharuddin
Ketua KSJ

*(SATU JUMAT BERJUTA BAROKAH)
Share:
Komentar

Berita Terkini