Kerjasama Usaha Tambang Pasir KSJ Memperkuat Gerakan Nasional Sedekah Jum'at

Editor: KSJ Medan author photo
SERGAI| Ksjmedan.com 

Komunitas Sedekah Jum'at (KSJ) terus berupaya mengembangkan unit - unit usaha guna memperluas amal sosial kepada masyarakat yang membutuhkan, kali ini kerja sama usaha dirintis untuk mengelola tambang pasir dan pembuatan conblock, batako, pavinblock serta bahan bangunan lainnya yang materialnya bersumber dari pasir.

dikatakan Saharuddin Ketua Umum KSJ (12/12) guna meningkatkan pendapatkan penghasilan KSJ yang halal, upaya ini dilakukan untuk menopang kegiatan KSJ yang selama ini tergantung dari donasi yang diberikan oleh para donatur. "KSJ tidak ingin selamanya tergantung kepada donatur, tetapi harus mampu juga membuka usaha yang halal seperti yang telah dilakukan sebelumnya, yakni  KSJ Properti  dan menyusul KSJ Printing dan advetising, sejumlah unit usaha tersebut berpusat di Kabupaten Batubara.

KSJ ingin memperkuat Gerakan Nasional Sedekah Jum'at melalui usaha mandiri dan produktif tambah Saharuddin,  selain mengelola tambang pasir dan produksi paving block yang izinnya sedang dalam pengurusan, pada minggu terakhir tahun 2020 juga akan meresmikan usaha percetakan dan printing serta pusat oleh-oleh dan kuliner Kabupaten Batubara. "Sejumlah unit usaha yang dilakukan KSJ dipastikan akan membuka lapangan pekerjaan, sedangkan keuntungan yang diperoleh bisa disedekahkan kepada anak yatim dan kaum duafa," ujar Saharuddin juga dikenal sebagai aktivis dan pemerhati sosial ini.

Terpisah, Pendiri dan Dewan Pembina Utama KSJ, AKBP H Ikhwan Lubis diwakili Pembina KSJ, AKP M Syafii AS ketika meninjau lokasi pertambangan pasir di Dusun II Kelurarahan Pekan Dolok Masihul, Kabupaten Serdangbedagai, mengatakan tambang pasir yang dikelola KSJ diprediksi mampu menghasilkan 100.000 kubik per bulan, sedangkan paving block dapat diproduksi 30.000 hingga 50.000 buah perbulan.

"Usaha yang dilakukan KSJ ini sudah bersinergi dengan sejumlah pihak sehingga usaha yang dilakukan KSJ tidak tumbuh seperti cendawan di musim hujan saja, tetapi diupayakan terus berkesinambungan," ujar AKP M Syafii AS ysng sehari-hari bertugas sebagai Kasat Binmas di Polres Batubara.

Sebagai wujud rasa syukur dilakukan kerja sama pengelolaan tambang pasir dan produksi paving block tersebut, KSJ memberikan nasi bungkus dan sembakoserta tali asih kepada puluhan anak yatim dan kaum duafa warga sekitar lokasi tambang pasir. (Tim/ksj)

Share:
Komentar

Berita Terkini