Betapa Mulianya Hati Pak Kapolres Batu Bara AKBP.Ikhwan Lubis SH.MH, Bantu Pengobatan Orang Gila

Editor: KSJ Medan author photo
Batu Bara, KSJ - Betapa mulianya hati Pak Kapolres Batu Bara AKBP.Ikhwan Lubis SH.MH dalam menolong sesama tanpa memandang dan pilih kasih.

Tak terkecuali, AKBP.Ikhwan Lubis.SH.MH yang juga pembina KSJ ini mau membantu nasib seorang Kakek Abdul Muis (80 thn) dimana dimasa tuanya harus menanggung beban mengasuh sang anak yang sakit saraf alias gila, sedangkan dirinya tidak punya penghasilan apa – apa, hanya mengharap belas kasihan dari warga sekitar.

Bermula dari adanya informasi dari Bhabinkamtibmas Desa Pulau Sejuk, Kecamatan Datuk Lima Puluh Batu Bara, AKBP Ikhwan Lubis langsung terketuk hatinya, dan mengunjungi kediaman Kek Abdul Muis dan anaknya Muhammad Hanafi yang sudah puluhan tahun dikurung di dalam kamar.

Kapolres Batu Bara AKBP H. Ikhwan Lubis SH MH membantu memfasilitasi kartu BPJS Penderita Gangguan Syaraf (Gila) yang tidak bisa berobat karena menunggak membayar iyuran .

Hal ini disampaikan Kapolres Batubara pada saat kunjungannya melihat pemuda Hanafi (32 th) yang menderita gangguan jiwa di Desa Pulau Sejuk Kecamatan Datuk Lima Puluh Kabupaten Batu Bara , Sabtu (09/05/2020).
Turut serta dalam kunjungan ini Kasat Lantas AKP Eridal, Kapolsek Lima Puluh Iptu Rusdi, Kepala Puskesmas Simpang Dolok dr. Dina, Kades Pulo Sejuk Siswanto, Babhinkamtibmas dan tokoh masyarakat.
Menurut keterangan Kades Siswanto, Hanafi tinggal hanya berdua dengan orang tuanya Abdul Muis (80 th) tanpa pekerjaan sementara ibunya bernama Maimunah telah meninggal dunia gantung diri karena kaluarga malu melihat anaknya mengalami gangguan Jiwa, dan gak terima kalau anak kandungnya harus dikurung.
Sementara Dokter Dina Kepala Puskesmas Simpang Dolok yang ikut mendampingi kunjungan Kapolres ini mengatakan bahwa kalau tunggakan iyuran BPJS Hanafi sebesar Rp 2.000.000 jika dibayar maka Hanafi dapat dirujuk berobat ke RS. Jiwa.
Mendengar ini Kapolres Batu Bara meminta agar Ka Puskesmas Simpang Dolok segera memproses kartu keanggotaan BPJS Hanafi dan Kapolres yang akan menanggung semua biayanya.
Disela tangisnya menerima bantuan Sembako dan uang dari Kapolres Batu Bara, Abdul Muis menceritakan perihal kehidupannya dengan anak nya yang mengalami gangguan jiwa ini.
“Anak saya mengalami gangguan sekitar 18 tahun lalu saat berumur 14 tahun yang sempat kecanduan Narkoba jenis Ganja dan Pil Koplo”, katanya sambil terus menangis .
“Melihat kondisi anaknya ketiganya yang demikian ini, isteri saya tak kuat menahan malu dan menggantung diri hingga meninggal dua tahun lalu”, katanya terbata bata.
“Sejak saat itu kami mulai mengurung Hanafi dalam kamar karena sering menimbulkan gangguan pada rumah tetangga”, kata Abdul Muis.
Kapolres Batu Bara mengatakan bahwa pihaknya merasa prihatin melihat nasib keluarga ini dan berharap bisa melanjutkan perobatan pemuda Hanafi.
Sementara Abdul Muis mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Batu Bara yang telah memberikan bantuan kepada keluarganya.
Dalam waktu dekat M Hanafi segera dibawa berobat ke rumah sakit jiwa, karena masih besar harapan Hanafi dapat sembuh. (Gus/BB).
Share:
Komentar

Berita Terkini